Rem merupakan salah satu komponen yang berperan penting pada sebuah kendaraan dan kehidupan keseharian pengendara. Secara umum, part ini berfungsi untuk menahan mobil untuk menjaga keamanan pengendara dan penumpang. Selain itu, Rem juga memiliki unsur sejarah dan fakta menarik. Berikut ini adalah 5 fakta tentang rem yang kita gunakan setiap hari.
Silicon Carbide (atau carborundum) merupakan salah satu material terkuat di dunia. Material ini digunakan untuk membuat rompi antipeluru, kopling, dan rem mobil. Salah satu rem mobil yang menggunakan material ini adalah McLaren P1 yang terinspirasi dari Formula 1 (F1). Rem ini juga dapat mampu menghentikan mobil dari kecepatan 100 kpj hanya dalam jarak 30,2 meter.
Rata-rata, suhu rem mencapai 350 derajat celcius hingga 750 derajat celcius (yaitu suhu tertinggi piringan rem cakram saat bekerja) ketika membawa muatan berat ketika melalui jalan menurun.
Fakta menarik tentang rem pada mobil hybrid yang ternyata tak hanya berfungsi untuk menahan laju tetapi juga bisa mengisi ulang daya baterai motor listrik. Setiap kali rem bekerja, daya yang masuk ke baterai pun semakin banyak yang dapat menghemat energi pada kendaraan. Metode ini dinamakan "Regenerative Braking".
Anti-lock brake system atau secara singkat “ABS” adalah salah satu fitur keselamatan pada rem yang dapat membuat kampas tidak akan mengunci sehingga mobil tidak mudah tergelincir. ABS pertama kali digunakan pada tahun 1929 untuk pesawat. Akhirnya, pada tahun 1970 fitur ini diterapkan di mobil untuk meningkatkan daya keamanan (security system).
Penemu manufaktur mobil Renault Motors yaitu Louis Renault, berperan besar dalam penemuan rem tromol di tahun 1902 di Prancis. Rem tromol merupakan salah satu sistem rem yang digunakan pada kendaraan roda dua atau empat. Rem tromol pada mobil menggunakan sistem rem hidrolik, memanfaatkan tekanan hidrolik untuk membantu melakukan tekanan kanvas rem. Selain itu, Renault juga berpartisipasi dalam pengembangan beberapa teknologi mobil lain, seperti suspensi hidrolik, gearbox, dan turbocharger.